Data yang Mengubah Dunia

“Tanah Papua tanah yang kaya
Surga kecil jatuh ke bumi
Seluas tanah, sebanyak madu
Adalah harta harapan..”

Sepenggal lirik lagu musisi asal Papua, Edo Kondologit yang sering dilantunkan ini mejadi gambaran umum tentang Tanah Papua. Gunungnya yang menjulang tinggi, hutan yang masih luas dan hijau, kekayaan alam yang seakan tidak pernah habisnya serta lautan luasnya yang masih menyimpan banyak misteri.  Dengan sebaran masyarakat yang begitu luas, infrastruktur yang belum memadai, pemerintah dituntut untuk dapat mengatasi setiap kesenjangan yang ada di masyarakat. Salah satunya adalah data kependudukan.

Data kependudukan menjadi begitu penting terutama bagi Papua dan Papua Barat dimana sebaran masyarakatnya begitu luas. Data kependudukan yang tersedia akan sangat membantu pemerintah mulai dari pemerintahan kampung hingga pemerintah pusat dalam merencanakan prioritas pembangunan dengan tepat sasaran atau dengan kata lain hasil pembangunan yang menggunakan data yang akurat akan memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat.

Menjembatani antara pentingnya data dan tantangan topografi Papua dan Papua Barat yang menjadi salah satu hambatan dalam penyediaan data, Program LANDASAN yang merupakan bagian dari KOMPAK sebagai kerjasama bilateral Pemerintah Australia dan Pemerintah Republik Indonesia, menyediakan sebuah aplikasi Sistim Administrasi dan Informasi Kampung (SAIK) dan Sistim Administrasi dan Informasi Distrik (SAID).

SAIK merupakan sistem administrasi dan informasi berbasis web yang berisi data kependudukan, sosial dan ekonomi setiap individu yang berada di dalam satu kampung. Sistem ini dapat digunakan secara online maupun offline sehingga tidak memerlukan jaringan internet untuk area-area di daerah Papua maupun Papua Barat yang masih belum memiliki jaringan komunikasi yang m